I Don't Do Numbers!

Di kampus, Papap dapet jatah koran The Asian Wall Street Journal gratis. Bukannya seneng, dia dan beberapa temennya malah bingung. Secara mereka kan mahasiswa komputer gitu loohh... Ini namanya rejeki buat Mami. Bisa baca koran bahasa Inggris -bukan Jepang- gratis pula, tiap hari pula. Gak pa-pa lah itu koran, koran ekonomi. Sedikit banyak ada berita di luar ekonominya.
Iya, gw emang agak-agak menjauh dari hal-hal yang berbau ekonomi. The reason is simply because I don't do numbers! Entah kenapa, gw bisa begitu bego-nya bila berhadapan dengan angka! Makanya, gw gak pernah bisa inget how much A costs in place 1 and how much A costs in place 2. Kalo mo beli, hayo, beli aja. Gak usah pake mikir disana disitu harganya lebih murah berapa. Toh ongkos tenaga kesana n ongkos waktunya bisa lebih dari beda harganya. Kira-kira begitulah. Gw juga susah ngapalin nomer-nomer seperti nomer telpon sampe gw gak inget no hp gw. Kalo Papap, abis liat-liat barang di toko A, trus di toko B ketemu lagi, dia suka nanya, "Tadi disana brapa?" Jawaban gw tetep sama berpuluh-puluh kali, "Gak tau. Gak inget!" Herannya, tiap kali, Papap tetep aja nanya gitu ke gw. Udah setelannya gitu kali.
Waktu sekolah dulu juga paling bego di Matematik dan sodara-sodaranya, sebangsa Akuntansi gitu. Pernah dapet big NOL buat Akuntansi di SMA, tapi gw gak berasa sedih tuh ;b Biasa aja. Gak ngerti kenapa lajur kanan harus sama dengan lajur kiri. Kenapa gak bisa bikin satu lajur aja? Pernah juga dapet 100 buat Matematik di SMP, sampai nangis serasa gak percaya. Temen-temen gw aja ikut gak percaya, sampe ada yang cross-check sama gurunya, apa bener gw dapet 100?! Pernah juga dapet 10 buat Stastitik di kuliah, tapi yang laen dapet 100... hehehe... Itu juga gw kuliah salah masuk jurusan. Gw pikir dengan milih Manajemen, gw gak berurusan sama Math, ternyata semester pertama gw berhadapan dengan Math dasar dan Statistik!! Ahhh, aje gile! Matematika dasar, herannya bisa lulus. Statistik? Hehehe, butuh perjuangan di semester berikutnya. N waktu jaman masih kerja, ada 2 bos yang dulu pernah komen karena putus asa kalo harusnya kmaren itu tes psikotes gw kudu dipakein tes matematik... Maap Pak, Bu. Udah bawaan... Jadi inget bos TH pernah pasrah negor, "Ya, gw ngerti elu don't do numbers. Tapi 1 + 1 kan tetep 2, dong, Dev." hihihihihiiii....
Terakhir, gw ngikut English Proficiency Test, gw kesedak di nomer sekian yang bukannya ngetes grammar, ato vocab, malah nanya: kalo si C maen basket 3 kali seminggu, berapa kali dia maen basket dalam sebulan......... Aaaarrrggghhh! Apa-apaan neh?! Soal itu udah sukses bikin konsentrasi gw ilang, n bikin temen gw yang-suka-bilang-eniwei ketawa ngakak di tengah-tengah ujian. Sukses dia geli inget gw yang gak bisa ngitung?!

Balik lagi ke koran tadi, di koran hari selasa tanggal 11 Oktober 2005 di halaman pertama ada berita "American, Israeli Win Economics Nobel". Trus beritanya: Schelling, Aumann Garner Award for Contributions To Field of 'Game Theory'. Bukan berita Nobelnya yang bikin gw berenti ngebalik halaman penuh berita ekonomi ini. Cuplikan GAME THEORY nya yang bikin gw terkenang-kenang masa kuliah dulu. Masa kuliah yang tahun-tahun awalnya bikin gw berdarah-darah karena harus berhadapan dengan angka! Ya, di kuliah dulu, Game Theory ini jadi kosakata harian. Tiap kali ada aja dosen yang nyebut. Game Theory itu kata the AWSJ adalah the study of strategy and how people make decisions when interacting with each other. Selengkapnya bisa liat disini. Nah, waktu kuliah ini dulu, gw sering senyum-senyum sendiri ngartiin Game Theory. Jadi jaman itu, temen-temen gw sering manggil gw 'batu', karena gw ya kayak batu aja. Gak peduli orang mo jungkir balik, gw ya begitu aja. Suatu kali, gw -critanya- jualan lipstik impor, hasil titipan tante yang jadi pramugari. Namanya gw tuh idiot besar kalo jualan, gw tanya para kawan kanan kiri, ada yang mo beli/gak. Gile, sepi bo! Hampir gw tawarin cowok-cowok kampus. Trus, temen baek gw, yang aselinya dari daerah yang terkenal dengan kepiawaiannya menjual, gemes liat cara gw jualan. Kata dia, "Sini gw jualin, tapi gw minta satu yak!" (hehehe... temen satu itu memang paling-paling lah). Tiba-tiba, begitu dosen selesai bilang "oke, hari ini sampai situ dulu, selamat sore!", temen gw ini udah berdiri di tengah-tengah kelas, n teriak, "Eiy, cewek-cewek, ada yang mo beli lipstik gak? Luar negeri punya nih! Bagus-bagus warnanya. Murah lagi! Ayo sini!" Trus dia absen satu-persatu cewek di kelas (padahal ceweknya juga cuman dikit). Ajaibnya, semua langsung dateng, n langsung beli! Termasuk para cowok yang ngebeliin pacarnya! Huaaahhhh!? Sementara gw udah brapa hari gitu jualan gak laku-laku... nginyem abis! Singkat crita, gw kasih selamat si teman.
Gw: "Hebat lu! Jualan modal teriak begitu langsung ludes!"
Temen: "Elu lagi, jualan pake malu-malu! Mana laku!"
Itu teori dia. Gw jualan malu-malu. Katanya dia lagi, kalo mo jualan liat pasar dong. Tipe n kelakukan pasar kayak apa. Nah trusnya, si penjual yang kudu me-metamorfosis diri semaksimal mungkin supaya bisa mengadopsi kelakuan pasar. Hebat emang dia! Semua teori di kelas udah dipraktekin tanpa basa-basi. Mangkanya bisa lulus dengan IPK 3 koma. Gw? Bisa lulus. Terima kasih Tuhan! Game Theory!

0 comments:

Blogger Templates by Blog Forum