(Ternyata) Gw Kecanduan Kopi!

Kalo ada orang-orang yang sehari-hari bergaul sama gw (read: temen kantor) baca judul postingan ini, pasti bakal komentar, "Dooh, baru tau?!"
Hahahahha....

Tenang, saudara-saudara. Gw juga udah tau kalo gw pecandu dari dulu. Dari jamannya gw nyolong-nyolong minum kopi tubruk bokap waktu gw masih SD dulu. Gw juga udah tau soal nyandu itu dari jamannya gw mulai berani ngabisin jatah kopi bokap gw waktu SMP. Gw juga udah tau kalo gw coffee addict dari jamannya gw rebutan segelas kopi tiap pagi sama nyokap. Gw juga makin tau kalo gw tambah kecanduan waktu seminggu sekali gw bisa ngabisin satu dus kopi jadi yang lebelnya Cappuccini-something jaman gw kuliah dulu. Dan gw makin yakin kalo gw emang bener-bener udah kecanduan kopi dari jamannya gw ngerodi, pagi kerja-malam kuliah. Tau deh gw, kalo gw itu pecandu kopi.
Yang bikin gw menulis judul kalo TERNYATA gw kecanduan kopi adalah gara-gara deadline bertumpuk sejak kurang lebih sebulan lalu!
Biasanya, gw nyetok satu liter kopi coffee-au-late udah jadi dalam kemasan kerdus susu untuk 3 hari. Jadi, 1 liter untuk 3 hari. Sehari berapa mili, kalian itung sendiri. I still don't do numbers! Trus, karena ketibanan deadline bertumpuk-tumpuk, gw jadi nambah konsumsi kopi: 3 hari 2 kerdus alias 2 liter. Trus makin parah. Sehari hampir satu liter. Nah, yang terakhir, gw masih punya sedikit kopi pas hari Sabtu kemarin. Langsung habis tentu saja, dan gw belum bisa beli keluar karena... DINGIN! Hari Minggu malam, gw sabar-sabarin diri dan mulut dan otak. Ayo dong, lupakan kopi, kerjain tuh kerjaan. Lupakan kopi, terus mengetik. Lupakan kopi, terus bekerja. Lupakan kopi, jangan menyerah. Begitu terus sampai Senin siang. Berasa lagi meditasi banget! Berhasil kah?
Ah, you know me better. NGGAK mempan la yaw!
Alhasil pas Senin siang, waktunya gw ngejar deadline (yang jatoh hari Selasanya), gw tewas keblinger. Tiduuurrr, lemeeessss, moody, yawny, tiduuuuurrrrrr lagi sampai tadi pagi. Kalaupun gw berhasil menaruh badan gw di depan kompie, otak gw blank gak keluar ide. Iiiyy!
Si Papap cuman ketawa-tawa. Malah sesumbar, kalo gw gak di injeksi kopi, ide gw gak mau keluar... he does know me very well :( Untunglah, sore tadi, abis pulang kuliah, si Papap ngebeliin gw kopi tercinta, dan selamat lah gw. Kerjaan selesai sebelum hari berganti Rabu! Ah...
Kalo diinget-inget, gw gak inget kapan gw mulai nyicipin n akhirnya doyan kopi.. hehe... Yang pasti gw masih inget bau kopi tubruk (brewed ya?) bokap gw yang haruumm banget. Trus, waktu gw SMA, nyokap gw memperkenalkan kopi instan. Biasanya dia minum kopi instan ini ditambah susu. Koreksi: dia minum kopi ini kalo belum keduluan gw. Lalu pas gw kuliah, gw mulai kenal kopi jadi yang kemasannya seperti kerdus susu tapi kecil. Macem teh kotak. Labelnya cappucini-something. Flavornya yang espresso. Kopi ini susah nyarinya. Cuma ada di supermarket tertentu. Saking ketagihannya gw sama kopi ini, pacar gw dulu (hayo tunjuk tangan) ngebeliin gw kopi ini satu kerdus. Berhubung sebelumnya nyokap gw udah ngancem supaya gw minum kopi gak lebih dari satu gelas sehari, kopi dan kerdusnya gw sembunyiin di bawah kolong tempat tidur. Nyokap gw sih tetep tau. Agen intelejen nomer wahid. Tapi dia gak nanya-nanya. Males kali, toh gw juga bakal tetep ngeles :b
Trus, waktu gw lulus kuliah yang satu n mulai menjalani hidup ngerodi dengan kerja-pagi-kuliah-sore, gw makin gak bisa lepas dari kopi. Di kantor gw yang pertama, tiap gw dateng, di meja gw udah tersedia kopi panas segar nan harum bikinan OB yang baik hati, si Dadang. Nyampe di kampus kedua, gw bakal nongkrong di kantin sambil pesen iced coffee sama Bapak warung kopi, sambil nyuekin temen gw si ABT yang selalu komen, "Elu tuh ya, tiap hari kopi sama indomie melulu. Pake nambah teh botol lagi. Kapan pinternya sih?"
Weits, jangan salah, Man. Gak perlu pinter, yang penting lulus! (kekeks.... jangan ditiru. Begitu Hikari udah bisa baca, postingan ini gw delete!)
Lalu, pada jaman yang sama gw keluar dari kantor satu. Terus jadwal gw jadi: pagi-training guru, siang-les bahasa, atau sore-kuliah. Alhasil, tiap pagi training gw datang ke kelas dengan kopi di tangan. Oh, ya, kopinya udah ganti jadi yang canned-coffee. Dingin. Beberapa minggu pertama, gak ada yang komen. Di tengah-tengah training, ada salah satu trainer yang akhirnya gak tahan juga dan 'mempertanyakan' keberadaan kopi gw.
Aduh, Ma'am. Ini bukan kesalahan anda kalo saya harus membawa kopi ke dalam kelas. Trust me deh, you are not segitu garingnya. Ini kesalahan jadwal training. Training kok pagi-pagi?!
Setelah dijelaskan bahwa gw kuliah sampe malam, dan tidur baru menjelang subuh, barulah trainer gw itu mengerti. Gw pikir masalah kopi gw sampe segitu aja, ternyata pas training berakhir, kesan-pesan teman-teman satu kelas gw adalah D itu anak kecil doyan ngopi sedunia! Ternyata di setiap training yang gw ikutin, gw di 'tandain' dengan kopi. I thought they didn't see..... I thought wrong ah!
Pas gw udah gak ngerodi pagi-kerja-malem-kuliah lagi pun, kebiasaan ngopi masih dipertahankan, walaupun sampe sebulan yang lalu jatahnya masih tetep segelas sehari saja. Tapi gw udah jarang minum kopi tubruk karena males ngebersihin sisa tubrukan kopi di gigi. Kopi instan pun jarang gw minum kecuali pas lagi ada meeting or training (yang laen dong, please). Lagipula, perut gw ternyata bereaksi keras terhadap merek-merek kopi instan terkenal di meeting-meeting. Tau dong, mereknya. Akhirnya, gw menjatuhkan pilihan mencandu pada kopi kaleng Arabica Espresso. Kopi ini waktu awalnya keluar, harganya muahal dan jarang mejeng di warung-warung sederhana. Untungnya, ada temen gw yang hobi ngider ke supermarket. Dia jadi penyalur kopi gw sampe gw cabut dari Indo kemaren ini. Dia selalu nyariin kopi gw itu di tempat yg paling murah, dan sekali beli sekaligus 10 - 15 biji. Tergantung berapa lama dia akan kembali ke supermarket itu. Duh, gw berutang budi dan kopi sama temen satu ini.

Kalo diinget-inget sih, gw pikir, satu kantor gw tuh udah tau banget sama mencandunya gw. Dan, waktu gw sempet kerja nulis-menulis, kecanduan gw akan kopi (dan dengerin cranberries pake earphone) makin menjadi-jadi. Ide baru bisa keluar kalo gw semedi di wc lalu minum kopi. Beberapa teman yang baik hati seringkali mencoba 'ngingetin' gw akan 'bahayanya' ngopi (kaya' gw bisa diingetin aje ehehehe...). Waktu gw hamil, ada boss TH yang selalu ribut kalo gw ngopi. Selesai hamil, rame ibu-ibu yang ribut kalo gw ngopi. Lama-lama makin banyak aja yang ribut tiap kali gw ngeluarin kopi dari kulkas di pantry kantor... hahaha.... Sekarang ini, karena gak bisa ngedapetin kopi kaleng tersebut (dan udah gak tahan sama kopi instan merek Indonesia), gw minum kopi jadi yang dikemas seperti susu kerdus. Di Jepang sini, kopi udah kayak rokok di Indonesia, dimana-mana ada. Coffee shop pun bertebaran. Surga buat penggemar kopi. Buat gw sih, bahaya ngopi hanya dua: maag kambuh kalo kebanyakan minum kopi instan dan kantong kering kalo kebanyakan minum kopi mahal ;b Berhubung dua-dua bahaya itu relatif banget sifatnya gw cuek abis n tetep ngopi. Kalo aja ente tau betapa banyak benefitnya minum kopi, ente pasti nyandu juga.

Hebatnya ngopi:
1) Stimulan. Bikin otak encer (selain gen juga berperan lah), konsentrasi prima. Dari situlah istilah 'coffee break' berasal.
2) Bikin pain killer bekerja efektif, terutama buat migren. Bisa juga nyembuhin asma. (Kan, gw bilang juga apa!)
3) Mengurangi resiko kena diabetes melitus (minum kopinya jangan pake gula coy).
4) Mengurangi resiko kena kanker.
5) Mengurangi resiko kena sakit jantung.
6) Mengurangi kelebihan lemak pada darah.
7) Mengurangi konstipasi. (hayo yang susah kebelakang, silahkan minum kopi pagi-pagi)
8) Menambah kemampuan mengingat jangka pendek. (bisa buat ngapalin nomer telpon cewek cakep, dan cowok cakep tentunya)
9) Menambah IQ! (see!)
10) Membantu menghindari keletihan otot. (buat yang doyan olah raga nih)

Kekurangannya:
Cuma anxiety disorder dan osteoporosis TAPI itupun dengan catatan kalo kita minum kopi lebih dari 8 gelas atau 1.4 liter sehari! You'll be kembung before you drink 8 glasses a day!

Nah, selamat memulai minum kopi!

Hah? Apa? Teh botol?
Iya, iya, gw nyandu itu juga, tapi entar aja ceritanya!

pictures from google image

0 comments:

Blogger Templates by Blog Forum