Fashion Shock

What do you think you would see people here wear during winter?
Thick clothes from head to toe? Bulky pants? Thick-padded jacket plus the gloves, wool cap, and wool scarf?

Then, what you see must be me!

Postingan kali ini menceritakan pengalaman gw saat berhadapan dengan fashion di negara ini. Bukan dari kacamata seorang pemerhati, penyuka, pelaku atau malah ahli fashion, tapi benar-benar dari kacamata seorang gw yang awam mode, dan seringkali salah mode! Apa sih yang menarik dari cerita cara pake baju orang Jepang? Apa gak sama aja gitu dengan cara pake baju orang Indonesia? Mungkin karena negara ini mempunyai 4 musim (sehingga penduduknya harus mengganti model pakaian setiap kali ganti musim) yang membuat fashion di Jepang sedikit lebih kreatif. Mungkin. Kalo waktu di kampung dulu kan, gw bisa pake model baju yang sama sepanjang tahun tanpa harus mikir: "Musim hujan pake baju model apa yaaa?"

Winter fashion
Melek fashion gw di Jepang, terjadi, ya pas gw datang. Kebetulan, musimnya pas musim dingin. Pertama kali menginjakkan kaki di negeri ini, udara sedang dingin-dinginnya. Sebelum keluar dari Bandara Narita, gw sudah mempersiapkan peralatan tempur pengusir dingin: jaket, sweater, sarung tangan, syal, kupluk. Begitu keluar... gw mendadak bingung musim...??? Penyebabnya adalah seliweran cewek-cewek yang hanya pakai jaket tipis, rok super mini, sepatu boots setinggi betis, and that's all! Asumsi bahwa orang-orang akan mengenakan pakaian berlapis-lapis, tinggal asumsi. Ternyata, pada musim dingin, kebanyakan orang sini hanya berbekal jaket tipis thok! Kupluk n syal, dipake lebih buat gaya-gayaan aja (wong, dipakenya juga sekedar nemplok gitu). Gak kayak gw yang mirip mumi mantel. Jarang-jarang ada yang pake sarung tangan. Begitulah kebanyakan orang berpakaian. Orang yang tidak banyak (yang pakai mirip mumi mantel itu), adalah orang asing dan manula:( Bahwa penduduk asli lebih tahan dingin dibanding pendatang (dari negeri tropis), jelas masuk akal. Tapi jaket tipis n rok super mini pada musim dingin? Mereka pasti bawa kompor dibalik bajunya! Dan jangan menuduh cowok-cowok asing bakal ngiler ngeliat mereka (aih, rok mini gitu looh!). Yang ada cowok-cowok ini malah tambah sugesti berasa beku kedinginan ngebayangin dengkul mereka sendiri terpapar angin sedingin es!

Bukan hanya disitu aja shock gw pada baju musim dingin disini. Melihat cara berpakaian pelajar-pelajar disini, gw tambah shock. Mereka sungguh-sungguh kuat dingin. Lihat gambar cewek SMA di kanan ini? Pada musim-musim yang lain, pakaian seragam mereka defaultnya seperti ini. Kemeja dan rok, buat yang cewek. Roknya... ya mini. Super mini. Mirip lah dengan gambaran di anime-anime Jepang. Gak tau juga siapa mengilhami siapa. Saat winter, jaket n sweater dipake. Kadang, jaket dipake, sweater gak. Atau sweater dipake, jaketnya gak. Tapi, roknya tetep pendek. Bener-bener tetep pendek. Kedinginan? Kayaknya gak. Mereka tetep ceria aja tuh. Cowoknya? Seragam biasa. Celana panjang plus jas model Betawi (atau jasnya Jet Li?), paling nambah syal yang ditaro sembarangan di leher. Itu aja. Dan mereka ceria aja. Gak cuma sekali dua beberapa orang asing berkomentar: Gila! Gak dingin itu?!

Rambut
Waktu jamannya rambut model shaggy (yang arti harfiahnya: berantakan abis!) lagi ngetrend di kampung, gw ikutan motong rambut model begitu. Begitu nyampe rumah, emak gw nyolot, "Rambut model berantakan gitu kok ditiru!" Gak kebayang kalo emak gw dateng kesini n ngeliat model rambut orang-orang Jepang... The messier, the better!
Jujur aja, gw malah seneng model rambut begini. Kalo rambut kita lagi berantakan abis karena gak sempet motong (atau malah salah potong), paling-paling bakal disangka salah satu model rambut baru ;b Btw, model rambut mereka dan model rambut tokoh-tokoh kartun di anime bener-bener serupa: Jabrik sana sini! Tetep gak tau juga siapa mempengaruhi siapa. Oh ya, satu lagi: warna asli rambut (hitam) gak nge-trend. Biar nge-trend, harus di dye dulu rambut ente: blonde, brunette, brown, red, yellow, up to you lah!

Alis
Emang alis bisa didandanin begimana sih?
Yah, kalo di kampung dulu sih, biar wajah terbingkai indah (kata tukang salon gw), alisnya kudu diratain. Dibentuk. Bulu-bulu alis yang gak searah hidupnya, harus dicabutin. Ada yang males nyabutin melulu, mereka pangkas abis itu alis, trus ditato. Ntar kalo mo keluar rumah, tinggal ditebelin pake pensil alis. Begitu kan cewek-cewek? Ya, disini juga sama. Alis orang Jepang sama-sama dibentuk dan dibingkai. Hmm... waktu gw sebut alis orang Jepang, maksud gw bener-bener orang Jepang. LAKI dan perempuan! Shock? Gw maklum. Adek gw yang ngaku laki-laki abis juga shock waktu berhadap-hadapan dng laki-laki sini yang alisnya dibentuk...

Mata
Kata temen gw sih, operasi memperbesar bentuk mata laku keras disini. Kata dia pula, informasi ini terpercaya adanya. Gw malah disuruh mlototin tipi n iklan-iklan, cuma buat ngeliat matanya yang pada tampil di tipi...

Baju
Ada apalagi dengan baju? Ada temen yang lain bilang, "Disini enak. Orang-orang gak usil. Mo pake baju kayak apa juga, gak ada yang pusing ato nganggap aneh."
Emang bener sih. Mo pake daster keliling kota juga gak ada yang nganggep kita sinting. Well, paling cuma gw yg berpikir begitu, tapi gw kan bukan orang Jepang :) Waktu denger berita kalo Harajuku style-nya Agnes Monica dianggap aneh (emak gw pasti salah satunya), di Jepang sendiri sih biasa aja. Udah lama lageeee... Begitu kali komen mereka. Atau, so what gitu loh? Pada dasarnya Harajuku style sih cuma numpukin baju di atas baju. Kayak gambar dikanan nih. Semakin vintage, semakin bagus. Kalo mo tau lebih jelas gimana orang asli sini ber-Harajuku, klik ini aja. I should say no more.
Sementara itu, selain baju numpuk, orang-orang sini juga cuek aja bergaya pelayan. And I mean, pelayan. Ada loh yang ke kampus make baju begini. Tapi, ada juga beberapa resto yang pelayannya benar-benar berbaju pelayan!

Sepatu
Kalo musim dingin, apalagi hujan dan bersalju, harus pake sepatu apa hayooo? Sneakers? Yea, kalo ente cowok, kalo cewek? Boots tinggi sebetis plus hak tipis 7 senti!
Pada dasarnya, cewek-cewek Jepang seneng pake hak tinggi. Musim apapun! Gak perduli summer, winter, snowy, rainy, pokoke hak tinggi. Gw pernah liat cewek sini yang melompat-lompat dengan gemulai menghindari es dan air di jalanan, bersama sepatu boots berhak tingginya. Gak jatoh loh, bo!
Cewek-cewek ini kekeuh make sepatu hak tinggi, walopun naek kereta dan harus berdiri, keluar kereta harus jalan kaki dan naik/turun tangga. Sementara gw udah meringis ngebayangin pegelnya berdiri sejam lebih di kereta make sepatu hak tinggi yang ujung sepatu bagian jarinya lancip itu (yang si ujung itu cuma muat buat jempol doang), mereka tetep gagah perkasa tuh.
Pemandangan paling mengagumkan adalah waktu kita ke Ueno Zoo yang luassss banget. Mobil gak bisa masuk, bo. Jadi harus jalan kaki dong kalo mo keliling zoo. Kecuali kita, cowok-cowok, anak kecil, dan para manula, sebagian besar cewek (tanpa pandang umur) memakai sepatu hak tinggi. Bajunya pun bukan jeans plus kaos, tapi rok span mini n kemeja cantik. Kalo gak mirip orang ngantor, ya mirip orang mo ke cafe. Saltum? Masa sebagian besar orang itu saltum? Jangan-jangan gw yang saltum ke zoo pake sneakers, jeans, dan kaos...

Apron
Gw gak pernah liat orang masak pake apron di kampung, kecuali pas acara masak memasak di tipi. Tapi disini, apron pun jadi fashion. Ganti musim, ganti corak apron. Yang bikin gw heran dan sampe sekarang gw belum dapat jawabannya, orang-orang sini kemana-mana pake apron. Ke supermarket, nganter anak ke sekolah, ke rumah tetangga, apron tetep dipake. Padahal dibalik apron tadi, mereka pake baju bepergian juga. *garuk-garuk kepala*


Topi
Topi juga bagian dari mode di Jepang. Ganti musim, ganti topi. Gw juga punya satu, yang bisa dibalik-balik tergantung musim apa. Aneh juga gw pake topi, karena di kampung dulu gw gak pernah pake topi. Tapi disini si topi berguna banyak: pelindung panas, pelindung air hujan, pelindung angin, pelindung mata kalo lagi pengen ngumpet, dan yang pasti buat gaya juga :)

Tas
Orang-orang Jepang, LAKI dan PEREMPUAN, mayoritas menggunakan public transportation saat bepergian (kebanyakan naek kereta). Di kampung dulu, supaya nyaman naek transportasi umum, kebanyakan orang manggul ransel. Apalagi kalo isinya banyak, jalannya jauh. Disini, ransel gak jadi pilihan. Mereka -LAKI dan perempuan- lebih senang pake tote bag. Kemana-mana, mereka menenteng si tote bag. Kadang-kadang, di tangan yang laen, mereka bawa payung, tas belanjaan, dll. Alasannya make tote bag, isinya lebih banyak. Hehehehe....

Gantungan HP
Hampir semua orang disini punya HP. Harga HPnya murah, aktifasinya cepet, modelnya banyak n fiturnya canggih-canggih. Di kampung gw juga banyak yang pake HP. Apa bedanya? Bedanya di gantungan HP. Disini, semua HP punya gantungan. Bentuknya macem-macem. Kadang, gantungannya tuh bisa belerot. Gak cuma cewek-cewek yang pake gantungan ini. Cowok juga. Dan kayaknya sih, model gantungan gak mendeskripsikan pemiliknya. Karena banyak cowok berpenampilan macho yang punya gantungan HP cantik.

Payung
Payung juga bagian dari mode di Jepang. Kalo lagi sering hujan, tiap pergantian musim, semua orang -laki, perempuan, tua, muda- pasti nenteng payung kemana-mana. Mereka gak ngerasa gengsi tuh bawa-bawa payung. Logisnya begitu sih. Hal ini malah bikin gw mikir, di kampung kita yang sering turun hujan, kita malah gengsi kalo disuruh bawa payung, terutama cowok! Hayo ngaku!

Ada yang mau nambahin?

pictures: corbis, google images, gettyimages

0 comments:

Blogger Templates by Blog Forum