New Year nih!

"Met Tahun Baru, De! Tahun baru di Jepang ngapain aja?"

Begitu pulang dari winter vacation kemarin, udah banyak email and ecard di inbox yang rata-rata isinya seperti tersebut di atas. Email-email berikutnya malah ditambah dengan: "Idul Adha ngapain nih?" Trus ada embel-embel ancaman, "Crita loh! Awas kalo gak!"
Wadowwww, baru masuk tahun baru udah diancem deh :)
Belum ada email dan ecard yang gw bales. Alasannya karena gw belum sempet bikin postingan tentang Tahun Baru di Jepang. Kalau postingan ini udah jadi, akan gw balas semua email dan ecard dng kalimat: "Untuk cerita tahun baru, silahkan klik blog saya iniiiiiiiiiiiiiiii..........." Kan capek ngedongeng buat banyak orang, deh. Tapi postingan tentang Idul Adha, laen kali ya.

SHOGATSU
Terus terang, Tahun Baru di Honjo sepi-sepi ajah. Gak ada lomba ngegebuk bedug, gak ada konvoi keliling kota, gak ada petasan, gak ada macem-macem lah. Pas New Year's Eve, kita (orang-orang Indonesia di Honjo) sih ngumpul-ngumpul dan makan-makan. Makan soto betawi sambil nonton tipi-tipi Jepang berlomba menayangkan penyanyi-penyanyi top Jepang bernyanyi. Tentu saja sambil ngobrol dan ngegosip. Tapi kumpul-kumpulnya gak sampai Ting Tong jam 12 malam buta. Jam 10 pun udah pada bubar semua. Kan ada tiga orang anak kunyiilll yang gak bisa diajak begadang ;b Jadi, pas pergantian tahun, kita bertiga berselamat-selamat ria, cium pipi kanan kiri, lalu tidur dengan pulaaaaassssss.
Nah, pas tanggal 1 siang, Papap di telpon radio Sonora untuk siaran langsung pengalaman ber-Tahun Baru di Jepang. Gaya buanget gak seh, si Babe satu itu!? Sebenernya ini siaran langsung keduanya Papap. Yang pertama waktu Lebaran kemarin, Papap juga ditelpon Sonora. Katanya siiijjjjhh, banyak yang merespon siarannya Babe... Aih aih aihhh........... Karena takut digangguin Hikari dan takut di cuit-cuitin Mami, Papap ngilang ke lounge di lantai bawah buat siaran langsungnya itu. Mokal. Karungin aja kepalanya... kekekekekss...

Balik ke crita tahun baru, New Year atau Shogatsu di Jepang, gw pikir, hampir sama seperti tradisi Idul Fitri di Indonesia. Tanpa petasan, tapinya. Orang-orang Jepang biasanya bersih-bersih rumah dan kuil untuk menyambut Shogatsu. Katanya Sensei gw, untuk menghilangkan kejelekan di masa lalu. Shogatsu juga dirayakan bersama keluarga. Yang tinggal diluar rumah ortu, pada balik n ngumpul di rumah ortunya pada Shogatsu ini. Trus mereka bikin dan/atau pasang Kadomatsu. Semacam hiasan dari bambu yang berfungsi 'mengundang' nasib baik di tahun baru. Di dorm juga dipasang Kadomatsu kecil dan besar, tapi sebelum gw sempet potret, Kadomatsu-nya udah keburu diturunkan. Ihiks. Wes, liat fotonya aja dari google image ya. Sekalian foto Daruma, boneka, yang juga baru muncul pas mo shogatsu.
Seperti juga orang-orang Indonesia, termasuk emak gw, yang sibuk bikin makanan khusus Lebaran, orang-orang Jepang ini juga bikin makanan khusus Shogatsu. Yang paling ngetop sih kue mochi itu. Trus, mereka juga pas tanggal 1 nya ke temple pake kimono. Dan mereka juga punya tradisi ngasih amplop ke anak kecil. Bener deh, tradisi taon baru disini, bikin gw inget sama tradisi Lebaran di Indonesia. Yang paling asyik sih nungguin kartu-kartu tahun baru buat kita yang secara serempak dikirim ke rumah kita oleh kantor pos pada tanggal 1 Januari. Dari Sensei gw yang satu lagi, gw dapet kartu ucapan plus 'sentilan': I hope you will be able to master Japanese this year... (tau aja, gw pemalas pisan hehehe...). Ternyata gw lumayan ngetop karena dapet beberapa (jumlah dirahasiakan) kartu tahun baru... hayah!

FUKUBUKURO
Selain tradisi shogatsu yang turun menurun itu, ada lagi tradisi lumayan baru dari toko-toko di Jepang: yaitu nyediain tas/bag yang isinya barang dagangan mereka dengan harga diskon. Barang yang ada di dalam tas itu gak bisa diliat sama pembeli. Kayak beli kucing dalam karung lah, cuma yang pasti isi tasnya bukan kucing deh. Barang-barangnya pun tergantung produk jualan toko itu. Misal: toko elektronik di Akihabara, bag-nya berisi barang-barang elektronik (lebih dari satu) yang -katanya- sudah out of date, tapiiiiiiii masih baru semua. Trus kalo di supermarket, bag-nya berisi snack, makanan, dll, khas jualan supermarket. Di toko pakaian, isi tasnya ya baju-baju. Acara Fukubukuro ini berlangsung dari tanggal 1-3 Januari, atau sampai persediaan habis. Harganya bervariasi, dari 1000 Yen sampai lebih dari 10,000 Yen. Yang pasti, harganya satu bag itu gak masuk akal jauh lebih murahnya dibanding harga satu persatu barang-barang yang ada di bag. Peminat fukubukuro ini mbluuuuudddaakkkk! Mereka sampai nginep n bikin antrian panjang di depan toko yang mereka pengenin fukubukuronya. Ini sengaja gw foto liputan/berita dari tipi.
Neng Ully, temen dulu di Honjo yang sekarang udah balik ke Jakarta, juga nitip fukubukuro sama gw. Tapi, maap beribu maap, gw gak bisa penuhi janji karena: 1) Aselinya, gw ada di Urasa pas tanggal 2-4, jadi gak mungkin window shopping ke Tokyo. 2) Kalopun gak ke Urasa, gw gak rela tidur-nginep di depan toko orang. Hehehe....
Di Honjo, depato n supa juga nyediain fukubukuro. Tapi karena kita gak butuh produknya, ya, gak ikutan ngantri fukubukuro. Untungnya, gw masih sempet kebagian fukubukuro dari Bodyshop. Ini benar-benar karena kebaikan hati sepupu tersayang gw yang tinggal di Tokyo. Pas ketemu dia di Urasa, dia nyodorin fukubukuro Bodyshop ini buat gw. Asyiikkkkkkkkkk... Makasih, tante Ita! Pas buka isinya, tambah seneng ajah, secara isinya bener-bener pas buat winter. Ini namanya rejeki!
Mungkin karena ada Kadomatsu di depan dorm... hehehe.... Moga-moga, tahun yang baru ini juga membawa kebahagiaan dan kegembiraan buat anda sekalian!

0 comments:

Blogger Templates by Blog Forum