Ayam Bulet

Kalo ada penemuan (invention) di dunia yang membuat saya berterima kasih luar biasa adalah penemuan ayam boneless dan ayam potongan. Maksud saya tentu saja daging ayam kemasan yang dijual di supermarket. Bukan si ayam yang masih berbulu tapi tanpa tulang dan terpotong-potong yang berlari-lari kesana kemari...

Gara-gara besok ada kumpul-kumpul sekalian makan-makan orang-orang Indonesia menjamu teman-teman Jepang, hari ini saya harus bergelut memotong tiga ekor ayam bulet alias whole chicken. Kebetulan, saya kebagian masak Ayam Kalasan. Gak usah berseru 'hebaaat' buat saya karena saya masaknya toh pakai bumbu instan. Tinggal taruh potongan ayam di panci, tabur bumbu ayam kalasan instan, beri air sedikit, terus diungkep sak bosennya. Gampang kan?! Nah, yang susah itu bagaimana caranya memotong-motong, memutilasi si ayam bulet yang nongkrong di atas papan potong itu!!! Susah-susah, pakai ayam potongan kenapa?! Bukan karena saya tidak bisa menemukan ayam potongan, tapi berdasarkan pengumpulan suara, suara terbanyak menyukai whole chicken dibanding ayam potong untuk alasan yang saya sendiri tidak mengerti. Lalu, jam 10 pagi dimulailah perkelahian saya dengan si ayam...

Jam 10:30
si temen: Gampang lagi!
saya: Gampang?! Dodol lu, gampang!
si temen: Potong diantara tulangnya. Cari celahnya!
saya: Dodol lu! Kalo ngomong doang emang gampang! Emangnya gue masak pake kaca mata X-ray yang bisa ngeliat si tulang-tulang itu bercelah dimana?!

Jam 11 lebih
Papap: Cari celahnya!
saya: Ini juga lagi nyareee!
Papap: Asah pisaunya!
saya: Jadi maunya apa? Nyari celah atau ngasah pisau?!
Papap: Aku kan cuma ngasih ide... *ngeloyor pergi*

Jam 12 kurang sedikit
ayam: Taela, dari tadi nyari celah tulang gue aja lama banget.
saya: Diem lu! *sambil nusuk-nusuk si ayam pakai pisau*

Alangkah lebih indahnya hidup (saya) ini bila ada penemuan baru lagi menyangkut si ayam bulet. Apalagi kalau bukan setiap celah antara tulang si ayam bulet itu diberi label-label yang menandakan bahwa bagian daging/tulang sebelah sini situ bisa dipotong dengan mudah: Cut here! Cut here too! Yes, also cut here! Not there! Do not cut there! Not there! I TOLD YOU NOT TO CUT IT OVER THERE!!!

2 comments:

    Hihihi Hehehe. Asli deh terkikik-kikik baca cerita ini.
    Allo mba, salam kenal.

    hai, salam kenal ya!
    aku juga terpaksa mengolah ayam bulet setelah tinggal di sini. waktu di jakarta sih boro2 deh, biasanya cuma beli dada ayam di supermarket atau beli ayam goreng di sederhana. hehehe.

    btw, kayaknya beberapa minggu yl di tipi ada berita honjo banjir. untung udah gak di honjo ya. tahun ini saitama panasnya nyampe 40 derajat kan!

Blogger Templates by Blog Forum