Tempe Jepun

Seorang teman Jepang meyakinkan saya kalau di supermarket Honjo ada tempe. Saya tak percaya. Lah, supa yang dia sebut-sebut itu tiap dua hari sekali saya jabanin, tapi saya belum pernah sekalipun -selama tinggal di kota ini- bertemu dengan tempe made in Japan. Semua teman Indonesia disini pun setuju dengan saya: tak pernah ada tempe terlihat di supa-supa Honjo.
Seminggu yang lalu, lewat Papap, sang teman menitipkan si tempe yang dibelinya si supa Honjo. Di email untuk saya, dia menulis 'I told you we had tempe in Honjo'...
Dan saudara-saudara... INI BENAR-BENAR TEMPE! Baca aja kemasannya: TENGPE. Oishikute tabeyasui (delicious and easy to eat (literal translation)).

Photobucket - Video and Image Hosting Photobucket - Video and Image Hosting
Photobucket - Video and Image Hosting Photobucket - Video and Image Hosting
Kemasannya kecil. Kalau dipotong seukuran 7x5 senti, setipis 3-4 mili, maka hanya akan tersedia 6 tempe mendoan. Berapa harganya? 200 Yen kurang sedikit. Rasanya? Lebih mirip susu atau keju ditambah sedikit-sedikit kacang kedelai. Baunya? Juga bau keju. Lebih sedap baunya tempe Jepun ini dari tempe kampung saya. Lalu saya pilih yang mana?
Tempe, gitu loh! Ya jelas pilih tempe kampung saya!!!

0 comments:

Blogger Templates by Blog Forum