And then we get inspired...

Kali ini saya ingin bicara soal jenis-jenis manusia yang bisa menginspirasi orang lain. Biasanya orang baik dan hebat (baca: pintar, pemberani, saint-like heart) memang dapat dengan mudah membuat orang lain terinspirasi: Mother Theresa, Pak Budiono, Barrack Obama, sampai para hollywood superhero di tivi. Lalu ada orang-orang hebat lainnya seperti Bung Karno, bahkan Pak Harto, lalu Hitler, sampai Einstein.
Sayangnya, kebanyakan dari kita dilahirkan jadi manusia biasa yang masuk kategori lagu 'rocker juga manusia'. We get angry, we curse, we swear, we fight, we kick the dustbin... Lalu kapankah giliran kita untuk menjadi inspirasi orang lain?

"Yeah, right, De'. Menginspirasi orang lain? Menginspirasi diri sendiri aja susah!"
Pernah nonton Sue Sylvester di Glee?

There's not much of a difference between a stadium full of cheering fans and an angry crowd screaming abuse at you. They're both just making a lot of noise. How you take it is up to you. Convince yourself they're cheering for you. You do that, and some day they will. And that's how Sue C's it. (Sue Sylvester)


Saya sedang keranjingan nonton Glee. Bukan untuk mendengarkan lagu-lagu lawas yang dinyanyikan lagi di seri itu, tapi untuk menonton seorang Sue Sylvester, pelatih klub cheerleaders yang sangar, kasar, dan menyebalkan. Menonton karakter Sue, saya melihat betapa seorang yang menyebalkan dan jelas bukan saint-like bisa sangat menginspirasi.

Menginspirasi?
Kok bisa seorang manusia menyebalkan seperti dia menginspirasi orang lain saya?
Buat saya, sosok Sue disitu melambangkan kebenaran yang seringkali pahit. Life sucks, reality bites, but that's a fact. What you are going to do about it is what matters.
Sue juga melambangkan keteguhan hati dan kekuatan mental. Saat dia bilang, "Never let anything distract you from winning. Ever." Sue sedang mengajarkan bahwa being a winner requires an attitude. Winning is an attitude, itself.

Menurut saya, seseorang yang mampu untuk menginspirasi orang lain adalah seseorang yang mampu berpikir, bertindak, mempunyai visi, lebih besar dari dirinya sendiri. Buat Sue, winning is everything. Walaupun motifnya untuk menang bisa jadi menyebalkan dan self-centered, kemenangan itu toh kemenangan seluruh sekolah. Menjadi orang yang menyebalkan itu gampang. Menjadi orang yang menyebalkan tapi bisa membuat satu sekolah menang, itu menginspirasi.
Setelah itu, seseorang yang mampu untuk menginspirasi orang lain adalah seseorang yang, seperti kata Simon Cowell, berbeda. Visinya berbeda, caranya bertindak berbeda, caranya berpikir berbeda. Seorang penyanyi bisa saja punya suara bagus tampang cantik, tapi ada ribuan orang lain dengan suara bagus dan tampang cantik. Distinguished, different, unique, one of a kind, kata Simon Cowell.

Jadi, kesimpulan sementara saya, karena saya bukan Bung Karno dan bukan Mother Theresa apalagi Einstein, apabila saya ingin jadi orang yang bisa menginspirasi orang lain, saya harus punya visi yang lebih besar dari diri saya sendiri. Selain itu, saya juga harus unik, beda, gak biasa. Karena kalau tidak unik dan hanya biasa saja, semua orang juga bisa. Bukan begitu?

catatan: tentu saja tulisan ini hanya teori. Prakteknya saya malah belum pernah menginspirasi orang lain... *tersenyum kecut*

9 comments:

    'unik'
    'beda'
    juga sangat subyektif.
    :-)

    wah, ini pasti selalu mantengin TV tiap rabu malam! American Idol disambung glee. hihihi.. *tos dulu dong ah!*

    ...sungguh komen yang sangat tak inspiratif...

    On 11:26 pm, February 26, 2010 mariskova said...

    @Daff: jelas subyektif!

    @Dinda: hahahaha... tau aja! Rabu malam gak boleh diganggu!

    tak menginspirasi?
    rasanya saya oernah memungut beberapa ide dari sini dan dari buku kok mbak.
    kecil juga inspirasi :)

    menginsipirasi ok.pahit seeeeeeeeh,..tapi menginsipasi :)

    jadi diri sendiri..dan optimalkan sgala kmampuan yg ada setelah melakukan SWOT ... yg penting bermanfaat bagi org lain... :D
    *sok bijak modeON...
    Salam kenal dri Pekanbaru ya mbk...

    Be your self kata orang kulon.
    Kunjungan pertama. Namamu kayak nama orang Rusia, hehehe..

    On 4:28 pm, March 07, 2010 mariskova said...

    @Jeng Yati: wah, ternyata kita bisa saling menginspirasi ya. That's what people should do to each other.
    @Je: buat elu, apa juga pahit. LOL
    @Pekanbaru Riau: SWOT? Ya, ya, ya. Udah lama gak denger singkatan itu. Salam kenal juga!
    @Alris: tapi, bagaimana kalau be yourself is not enough? hahaha... joking! Salam kenal juga! Thanks for visiting.

    Terima kasih telah berbagi informasi, Salam Sehat Selalu
    Toko Herbal Online
    Kapsul Purwoceng
    Cream Anisa Original Bandung
    Cream Anisa Premium Bandung
    Susu Kambing Etawa Bandung
    Kapsul Gamat
    Kapsul Kulit Manggis Bandung
    Xamthone Plus Bandung
    Toko Habbatussauda
    Jelly Gamat Gold G Bandung
    Madu Hitam Pahit Bandung
    Ace Maxs Bandung
    Obat Kuat
    Toko Herbal
    Kapsul Kulit Manggis
    Cream Anisa
    Cream Anisa Premium
    Cream Anisa Beauty Care
    Cream Anisa Original
    Cream Anisa Original Gold
    Cream Anisa Spotless
    Serum Anisa Gold
    Serum Vitamin C Anisa

Blogger Templates by Blog Forum