Penggaris Beduk

Buka jam 5 sore lewat dikit, gw pasang tulisan "Buka Puasa! Alhamdulillah!" di YM. Eh, Pak Le' satu ini ngetok pintu.
"Kok udah buka?" katanya.
Dengan sumringah gw menjawab, "udaaaah duooonnnggg."
:b Moga-moga masih dapet rahmat-Nya, secara gw ria banget karena udah buka, gituuu...
Enaknya puasa di Jepang saat ini, myungkin karena:
1) Lagi musim gugur, bo! Dingin aja gitu! Gak berasa hausnya. Apalagi gw paling gak tahan haus. Dikit-dikit kebayang enaknya minum teh botol S dingin ditengah teriknya matahari Jakarta... Oohhh... surga!
2) Karena si Papap udah disetel dari kecil kalo buka biasanya makan snack kecil gitu, tiap hari dia ngebikinin kita bakwan, ubi goreng, dll dsb yang eeennnaakkk duong! Kenapa bukan gw yang bikin? Kan gw gak pernah disetel buat buka begitu... ;b
3) Jam 5 sore udah buka, n jam 4:30 baru beduk Shubuh. Itung-itungannya sih, gw puasa banyakan di jam tidur, gitu. Hehehe... Abis Shubuh tidur, bangun jam 7 buat nyiapin Hikari sekolah. Hikari brangkat jam 9, gw bablas lagi tidur sampe........ puas!!! :) Begitu melek, eh, udah mo buka, sayang. Ehm, sedapnya... :))

Nah, yang bikin gw sedikit meneteskan air mata dan banyak meneteskan air liur adalah:
1) Kangen sama suara beduk. Beduk imsak, beduk Shubuh, beduk buka (jelas!). Beduk Shubuh disini sih ada. Lewat internet gitu. Tapi suara orang berdoa lewat TOA pas masuk waktu imsak, jelas gak ada. Akhirnya, seringnya nih, si Papap ngejitak, "Woy, udah imsak! Masih nenggak aer aja!"
2) Kudu masak pagi buta seh! Biarpun masak cuman buat berdua (sisanya baru buat Hikari hehehe... gak ding!), biarpun masakannya juga seadanya semikirnya sebangunya, biarpun si Papap kalo makan bisa segala dimakan (iyalah, udah tau mami kayak begini, kalo gak gitu bisa kurus mengering), tetep aja kudu masak gitu.
3) Selain kudu masak pagi buta, ya, gw kudu masak gitu loh! Gak bisa langsung duduk di meja makan n langsung nyomot seperti pada masa keemasan dulu.
4) Terbayang betapa banyak persinggahan tempat gw bisa beli segala macam rupa makanan buat buka di kampung halaman. Pengen pulaaannggg.... cuma buat beli makanan aje!
5) Udah kebayang kalo Lebaran gak pake makan sambel goreng ati, sayur labu siem sepupu gw; rendang, ketupat sayur, sambel kering kentang, soto betawi Mama-Eja; ketupat, opor ayam dan kue-kue Mama; kerang, cumi, dan segala macam seafood yang dibeli Papa khusus di Muara Karang. Ada yang mo ngirimin kesini? Kita jadi sodara deh!
6) Acara buka puasa bareng yang bisa sampe belerot daftarnya. Disini, disana, disitu. Apalagi sambil dengerin ceramahnya Aa Gym. Sip dah!
7) Sholat tarawih rame-rame. Biasanya kalo tarawih di mesjid, jadi ketemu temen-temen yang walopun rumahnya sekomplek or sejalan, tapi gak pernah bisa ketemu muka.
8) Sholat Ied yang tinggal jalan kaki dari rumah, sekarang tinggal kenangan. Sholat Ied kita disini kudu keluar kota dulu, karena.
9) Ngerasain sepinya Jakarta? Gak deh. Disini juga sepi kok!

Loh kok lebih banyak menitikkan air mata dan meneteskan air liurnya? Yah, pokoke jam 5 sore udah buka puasa lah! Walopun Pak Le' berkomentar yang katanya, "Jamnya aja yang beda, penggarisnya sih tetep sama..." Kekekeks... good point, Rix!

Seperti biasa, gambar-gambar nyomot dari Corbis, tapi gambar piring kosong, nyomot dari Google image.

0 comments:

Blogger Templates by Blog Forum