Apa yang salah?

Hikari sakit.
Gejala typus.
Sewaktu hakim berjubah putih bersenjatakan stetoskop dan bersuara Tantowi Yahya itu mengeluarkan vonis atas selembar kertas, saya kontan duduk membeku.

"Gak mungkiiiinnn, dok!"
Mulut saya pun mengeluarkan serentetan suara penuh alasan dengan kecepatan tinggi.
Typus, dok?
Gejala.
Whatever.
Ya, hal seperti ini bisa terjadi.
WHAT?!
Dia gak pernah jajan, Dok. Kebersihannya selalu saya perhatikan. Selalu cuci tangan, kaki, dan muka hampir 1000x sehari (yang langsung diamini oleh Papap). Ganti baju sehari lebih dari 5 kali (Papap mengamini lagi). Mandi bisa 4 kali minimal (Papap ngangguk lagi). Kamarnya selalu dibersihkan pagi dan sore dengan antiseptik (Papap ngangguk-ngangguk). Dia gak pernah main sembarangan, apalagi yang kotor-kotor. Bla, bla, bla, bla...
Di rumah ada yang sakit?
Gak ada.
Dia sudah sekolah?
Sudah. TK kecil.
Bu, di sekolah kan macam-macam ada loh...
WHAT??!!
Apa itu berarti saya harus mengeluarkan dia dari sekolah?

Melihat wajah berpikir saya, Papap langsung memotong. He knows how far I would go. AND he doesn't want to go down that road.

Sudah 4 hari dan saya masih berkutat dengan pertanyaan 'apa yang salah?'.
Saya merasa gagal jadi ibu.
Saya merasa gagal melindungi.
Saya meleleh mendengar Hikari mengigau dan menceracau dalam demam tingginya.
Apa yang salah?
Typus, gitu loh.
Yang katanya seseorang bisa terkena karena tidak higenis. TIDAK HIGENIS?!
Please...
Kurang paranoid apa lagi SAYA ini?

Dan anda tau apa yang jadi ironi?
Diantara kita bertiga, Papa yang paling bocor ke-higenis-annya.
Dan dia tak pernah kena penyakit ketidak higenisan....
Tell me, how fair life can be?

10 comments:

    Sabar ya Dev... Moga Hikari cepet sembuh ya...
    Gw juga kalo Razan sakit...uuuhhh rasanya mau deh tukeran sakitnya ke badan gw .. hiks..

    btw, udah coba second opinion?

    On 6:54 pm, February 22, 2007 arman said...

    Moga cepet sembuh... Amien.

    sabar ya Mba...smoga Hikari cepat sembuh

    akhir des lalu saya jg kena thypus, pdhl ga pernah jajan sembarangan, ga makan pedas, di ktr saat itu ada 3 org yg kena thypus. mgkn jg kondisi tubuh yg tidak fit atau terlalu capek jd bibit penyakit gampang masuk.
    coba Hikari diberi kapsul dr ekstrak cacing tanah, dpt dibeli di apotik cepet kok utk menurunkan panas.

    Hikari semogra lekas sembuh.
    Kalo papap ususnya bukannya dari pralon?

    hikari moga2 cepet sembuh ya dev.

    soal typus itu, dari sejak pertama ogut kena, udah sejak dari itu pula nggak percaya sama hubungan 'nggak kena typus' dan kehigienisan.

    aku tuh bahkan sering dituduh hipokondriak saking higienisnya. teteeeup, typus dateng terus. dan nggak cuma sekali dua kali mami. ya, gue rasa sih karena dia kangen aja pengen ngunjungin usus ini.

    buat peraih medali typus tujuh kali, pertanyaannya mungkin bukan apa yang salah. tapi, "apa yang bener" hehe.

    cheer up! en makasih yaa buat ucapannya mak.

    Cepet sembuh ya buat Hikari. Penyakit jaman sekarang, dokter aja udah gak tau lagi drmn asalnya, kecuali yg ekstrim kayak HIV.
    Btw, tanpa bermaksud merendahkan segala usahamu, coba deh bersikap sedikit santai dan tidak terlalu mengkhawatirkan higienitas (bukan jorok juga maksudnya). msh byk lo, yg perlu kita perhatikan dan pikirkan sebagai ibu.

    cepet sembuh ya hikari sayang...amin.
    jangan terlalu higienis dev, sedeng2 aja..biar imun. sabar ya jeng...paling nggak enak emang kalo anak sakit :(

    Semoga lekas sembuh buat mas Hikari.amin.

    Yudie sekeluaga
    Dorm, A210

    mungkin emang kondisi ptahanan tubuh hikari aja Mbak Dev yg lagi gag drop, bukan karena kurang higienis...jadi cepet sembuh yah Hikari....

    wadow.... :( kecil2 kena typus. Cepet sembuh ya hikari sayang...

Blogger Templates by Blog Forum