PMS

PREMENSTRUAL SYNDROME

Boys, aren't you glad you don't have to experience it?!


Rasa sakit melilit di perut itu belum seberapa, karena PMS sendiri adalah gabungan dari gangguan pada emosi, fisik, psikologis, dan mood. Banyak perempuan merasakan gangguan di keempat hal tadi. Saya, entah harus bersyukur atau menyumpah, selalu mengalami penderitaan melulu di fisik.

Sejak pertama kali mendapat haid dan kesananya mengalami sakit haid, saya sudah mengantongi jam terbang pingsan di tempat-tempat publik: di bis, di angkot, di pintu gerbang sekolah, di kelas, di koridor sekolah, di mobil Eyang Kung, di halte bis, di taksi, dll. Yang paling sering tentu di rumah.
Setelah punya anak, sakit haid saya bertambah selain sakit perut juga migren. Untuk migren ini, jam terbang pingsan saya bertambah: di kantor dan di UGD RS Carolus.

Tiap perempuan punya PMS yang berbeda-beda. Teman saya ada yang bertambah nafsu makannya. Dari segentong jadi tiga gentong. Teman yang lain, ada yang malah jadi memilih puasa, karena setiap mencium aroma masakan langsung muntah. Ada yang bawaannya sensitif melulu. Disenggol dikit nangis, gak disenggol kejer. Ada yang bawaannya ngajak berantem melulu. Ada yang bawaannya mencetin jerawat. Ini karena tiap PMS jerawat segede jengkol muncul di seluruh permukaan wajah. Udah jelek, jerawatan pula. Untung ada ojek. Ada juga yang kerjanya marah-marah dan bawaannya pengen beres-beres rumah. Nah, kalo yang ini PMS-nya Mami saya. Pokoknya, kalau sudah PMS, dunia salah aja dah!

Mungkin, mungkin nih, karena itu pula Tuhan mengijinkan perempuan yang sedang haid untuk cuti sholat. Bayangin aja. Tanpa PMS pun, kita seringkali nangis kejer saat sujud di kaki Tuhan. Apalagi pas tingkat sensitif tinggi saat kita PMS???
"Hiks, ooooh, Tuhaaan, suamikuuu ituu..."
"Huaaaa... Tuhaaan... si Mami tuuuhh..."
"Ihiks ihiks... Tuhaaan... Waaaa...."
Segala apa diaduin.
Mungkin Tuhan gak sampai hati untuk bilang, "Bo, elu tuh cuma PMS doang!"

Balik lagi ke sakit perut saya pas PMS bulan ini, seperti ayam nunggu jadwal dipotong saya ngejogrok di pantry kantor. Sapaan pun bertebaran dari manusia-manusia penunggu kantor lainnya. Ketika rahasia terbongkar...
"Ohhh, lagi PMS ya?!"
"Iya. Tapi gak perlu pake teriak-teriak kali ya?"
"Sakit perut yaaa?!"
"Iya. Tapi gak perlu teriak-teriak."
"Wah, gue sih lebih milih sakit perut aja deh kalo pas PMS! Kalo gue pas PMS, bawaannya pengen marah-marah ngamuk-ngamuk sensi-sensi melulu! Orang yang gak tau kan disangkanya gue ini emang pemarah! Bener deh! Gue mendingan sakit perut aja!"

Kenapa ya manusia selalu berlomba untuk lebih menderita dari yang lain???

5 comments:

    On 3:49 pm, April 28, 2008 hellopanda said...

    PMS bikin nekat.

    kemarin sy tinggalin pacar di bengkel. udah badan pegel,panas,berisik,brantem pula.

    sy pergi aja nyetop taxi. nangis. supirnya yg bingung...

    PMS elo serem juga ya, Dev, sering pingsan begitu.

    ada gak ya yang PMS-nya bawaannya nraktirrin orang-orang... wah positif sekali nih... :)

    klo gitu, qq akan ngerasa lbh beruntung dr mbak ;-). meski ngalamin keempatnya sekaligus, tp rekor pingsannya ga sampe mengalahkan rekor marah2 hehehew

    saya juga dulu sampe pingsan2 gitu pas haid dan kata dokter saya akan sulit punya anak karena ada myom dan endometriosis di rahim. lha, gimana ga sulit punya anak kalo nikah aja belum :d
    tapi, mbak kok udah nikah masih berlanjut sakitnya? katanya obat paling mujarab, nikah. hmmm...brarti omongan dokter ga terbukti :D

    @ aku baru sempet baca bukunya semalem, selesai dalam 3 jam. mmmm...ini masih berlanjut ga mbak? tar ada ceritanya ga setelah andita sama prasta pulang dari LN? hihihi...jadi nyandu :p ayo mbak, nulis lagi. [nah lo kapan??? mpe bosen kali mbak syafrina siregar ituh, sampe ga pernah lagi maen ke blog gw :p janji2 mulu mo nulis, minta dibantu, hihihi]

    ** wooooo....comment ato apa neh? panjang benerrrr

Blogger Templates by Blog Forum