Belum Selesai...

Setelah sempat berhenti muntah, diare, dan demam selama 4 hari, Selasa ini Hikari sakit lagi. Muntah-muntah dan diare lagi. Untungnya (halahh... masih pake untung), gak ada demam. Dua hari dia muntah, diare, sakit perut, nausea, dan lemas lunglai. Pada hari kedua kejadian itu, gue curiga dengan susunya. Kok isi muntahnya susu semua? Hmmm... *mikir*
Mulai hari Rabu malam, susunya diberhentikan. Madu terus dicekokin karena gak tau harus ngasih apa lagi. Itu pun setelah nyari-nyari artikel tentang madu dan ketemu ini, yang katanya madu mampu menyembuhkan 'upset stomach'. Trus, gue balik duduk di kompie untuk mencari info lebih lanjut tentang si Kaze (Japanese) alias Stomach Flu (Bule-nese) alias Gastroenteritis (Medical-nese). Berdasarkan hasil browsing kesini, kita menunda ke dokter dengan alasan: Obat dokter hanya untuk demamnya. Lah, si Hikari kan gak demam. Lagipula, muntahnya ini mungkin disebabkan oleh susu (yang ternyata tidak boleh diberikan pada anak sakit Gastroenteritis ini).

Sudah 2 hari ini, Hikari sudah tidak muntah dan diare. Hanya beberapa kali mengeluh sakit perut aja. Madu masih dikasih, susu berhenti. Kayaknya efeknya lumayan sih. Cumaaaa... gue dan babenya sudah 4 hari gak tidur. Lagi!

Oke, buat ibu-bapak-tante-om, yang punya anak kecil terkena stomach flu ini, berikut beberapa hasil pengamatan kita:
1) Obat minum (oral) gak bekerja dengan baik pada kondisi anak demam diatas 38.5C. Termasuk obat penurun panas! Untuk itu, obat penurun panas harus diberikan lewat anus. Sumber: apoteker sini.
2) Muntah, diare, dan demam (dibawah 38.5C) itu sebenernya suatu proteksi yang digunakan badan anak untuk melawan penyakitnya. Ada standarnya muntah, diare, dan demam itu dianggap tidak normal lagi. Sumber: internet.
3) Muntah dan diare pada stomach flu akan berlangsung selama seminggu. Jadi, kalo si anak gak demam tinggi n gak dehidrasi, yaa... sabar-sabar aja menunggu seminggu (yeah, right). Kalo si anak dehidrasi dan demam tinggi baru ada tindakan dokter (dokter sini loh ya). Sumber: dokter sini.
4) Karena ini penyakit akibat virus, Antibiotik gak akan berguna!
5) Jangan minum susu. Makan sedikit aja dulu. Kalo banyak-banyak (walopun anaknya pengen), bakal bikin perutnya berontak lagi. Kalopun cuma mau minum, gak masalah (ternyata! kita baru tau disini setelah nyoba maksa Hikari makan). Asal gak dehidrasi aja! Sumber: gue dan papap. Percaya deh.

Kalo mau tau lebih jauh, silahkan dilirik kesini.

Pertanyaan selanjutnya: apakah seorang anak bisa terjangkit penyakit ini lebih dari sekali dalam hidupnya? IYA (memang nyebelin)! Apakah jangka waktu terjangkitnya bisa dalam waktu berdekatan? NAH, itu juga yang jadi pertanyaan kita sekarang...
*iihh...... gue teler berat*

0 comments:

Blogger Templates by Blog Forum