Gelap Mata

Ceritanya, gue lagi ada perlu sama tempe. Masalahnya, tempe di rumah udah abis. Bukan cuma tempe sih, persediaan bumbu Indonesia juga menipis. Bawang merah, lengkuas, cabe ijo n merah, dll dsb. Karena kebutuhan tempe ini mendesak sekali, hari Sabtu ini kita rencanakan untuk bepergian ke Tokyo, kota dimana terdapat toko-toko Indonesia. Plusnya: Hikari udah sembuh. Kita sempet kuatir dia bakal muntah di jalan, tapi ternyata dia malah lebih semangat dibanding kita berdua yang masih teler berat akibat belum cukup tidur. Ini pasti gara-gara Hikari gak keluar-luar rumah selama 2 minggu, jadinya hari ini dia ceria banget walau masih pucet. Minusnya: prakiraan cuaca yang malamnya masih bertanda 'cloudy' ternyata pagi ini berganti 'raining'. Asli, hujan drizzling seharian-semalaman!

Berdasarkan petunjuk Pak De Mbilung dan berbekal 5x nelpon lewat HP ke temen plus beberapa sms, kita sampai juga ke Pasar Ameyoko, Okachimachi. Ternyata, Ameyoko Center-nya lebih deket kalo diakses lewat Ueno Eki loh Pak De. Disana, seperti pada penggambaran yang diberikan teman-teman tentang si pasar (Jalan terus sampai ke toko ikan, diseberang toko ikan ada gedung pasar, ada tangga kebawah, turun tangga, sampe deh. Si pasar persis pasar induk tapi lebih bersih, dll dll.), segala apa tentang Indonesia juga ada. Alhasil gue ngeborong kangkung, kacang panjang, pisang kepok, daun pandan, dan sebagainya dan sebagainya. Setelahnya, si Papap nanya, "Emang kamu mo masak apa sih?"
Hahahaha........ sumpah, gue gak tau mo diapain tuh kacang panjang n daun pandan. Secara gue gak pernah doyan juga kacang panjang, n gak pernah masak bubur ato kue yang memerlukan daun pandan. Hayaaaaaahhhhh....... ini namanya KALAP!

Tapi, gue gak jadi beli tempe disitu yang satunya 400 Yen seukuran postcard. Ternyata, Pak De, di Toko Indonesia yang di Okubo lebih murah: 3 tempe 1000! Barang-barang yang laen juga relatif lebih murah, walau gak jual sayur mayur. Kita juga bisa telpon tokonya dulu untuk ngecek barangnya ada ato gak. Bisa dikirim ke rumah, pula. Naah, kalau mau ke toko ini juga gampang. Turun di ShinOkubo Eki, keluar eki langsung belok kiri, jalan teruuuussss (gak tau berapa meter kan I don't do numbers), jangan nyebrang-nyebarang lah. Pas sampe di stasiun Okubo, persis di ujung belokan stasiun itu, beloklah kiri, trus segera belok kanan lagi ke jalan kecil. Ikuti jalan kecil itu sebentar, gak jauh ada gedung apato mungil. Toko itu dilantai satu. Ada tulisannya: Toko Indonesia. Moga-moga gak nyasar.

Knapa juga gue sampe nulis detil jalan kesitu? Kali aja ada orang Indonesia laen yang butuh kesituuu...

Oh iya, kelebihannya toko-toko Indonesia disini adalah tiap barang diberi nama. Jadi orang yang buta bumbu kayak gue gak bakal salah beli kunyit padahal mo beli lengkuas...

0 comments:

Blogger Templates by Blog Forum