Kesadaran Tahun Baru

Hari-hari menjelang pergantian tahun selalu memberikan kesibukan yang sama pada saya. Kesibukan yang itu-itu saja. Bukan kesibukan membersihkan rumah, mengecat dinding, mendekorasi ruangan (oh, I wish!), membuat resolusi, atau pun memikirkan tulisan 'dalam-rangka-tahun-baru' untuk dipasang di blog. Kesibukan saya adalah mencari-cari agenda baru, persis seperti cerita saya setahun lalu.

Tahun ini pun saya konsisten dengan kesibukan saya. Hanya saja bukan untuk mencari agenda baru atau malah menggantinya dengan PDA (oh, I wish!). Agenda yang saya pakai masih tetap agenda setahun lalu yang masih layak pamer, tapi tentu saja isinya harus diganti. Jadi, berkelilinglah saya ke sejumlah toko buku untuk mencari isi agenda yang paling kinclong.

Setelah mendapatkan hasil dari kegiatan berkeliling toko buku, hari-hari saya mulai menjadi cerah seiring dengan pergantian tahun. Sibuuuuk, saya di kamar mencopot isi agenda lama penuh coretan dan catatan dan menggantinya dengan lembaran-lembaran baru yang masih bersih, kinclong, bebas coretan, dan tanpa noda. Rasanya seperti mempunyai fase hidup yang baru, seperti membalik lembaran lama menjadi ke lembaran yang lebih bersih, seperti habis mandi, seperti habis ganti baju... kira-kira seperti itulah. Sehari dua hari hati saya masih berbunga-bunga karena misi sudah terlaksana. Hari ketiga, bencana mulai terjadi.

Hari kelima di awal tahun baru, hari pertama masuk kantor, saya termangu-mangu di meja saya di kantor. Menyadari ketololan saya. Bagaimana caranya gue kerja kalo semua catatan ada di agenda lamaaaa?! So much for having a new phase of life.

Jadi, pesan moral saya yang pertama di tahun baru 2009 adalah jangan keluarkan setengah tahun terakhir isi agenda lama anda. Gabung setengah tahun terakhir isi agenda lama anda dengan setengah tahun pertama isi agenda baru. Selain dapat menghindarkan anda dari kebodohan yang saya buat karena kehilangan banyak catatan penting, anda juga akan mendapat pencerahan baru bahwa kita tidak akan bisa merengkuh, menyongsong, melangkah ke masa depan tanpa membawa pelajaran dari masa lalu...

Selamat Tahun Baru Masehi 2009 dan Tahun Baru Islam, teman-teman!

Di tahun baru ini, saya juga akan muncul berkoar-koar tentang novel kedua saya di Woman Radio FM94.3 pada hari Jumat, 9 Januari 2009 jam 12-13 siang. Tapi, jangan tanya bagaimana caranya anda bisa mendapatkan rekaman koar-koar saya itu di youtube karena... sumpah, gue juga gak tau gimana caranya bisa masukkin rekaman semacam itu ke youtube!

7 comments:

    On 8:40 pm, January 08, 2009 Anonymous said...

    hahaha....tapi dapet pesen moral yang bagus banget jadinya, mbak :) akhirnya terlihat bahwa pergantian tahun ga ada bedanya dengan pergantian detik...2 detik sebelumnya memang udah tertinggal jauhh tapi ga bisa dilepaskan begitu saja dari hidup kita.

    ah, komen panjang ga isi :p met taun baru....

    This comment has been removed by the author.

    yah, kehapus.

    elu tuh ya, bikin gue kaget. meskipun putus-putus dengerinnya, tapi gue puas akhirnya bisa denger juga. congrats ya bok. i wish i could be there, dan ngerjain lu balik secara langsung.

    btw, kapan bisa OL?

    On 5:01 pm, January 10, 2009 Anonymous said...

    sama papap minta ganti jd pda dunk mba!;)

    akh bentar lagi nongol di youtube tuh pasti! secara kmrn saya jg dah dengerin via tante FM (walopun sepotong)...

    wah lama gak sowan kesini :D apa kabar tan? baek2 saja kah? hehehe.. selamat tuh buat penerbitan bukunya.. kirim2 donk kesini :P hehe.. yaudah cuman mau mampir doank..


    take care :)

    Buat pembaca blog ini, peristiwa si mariskova hanya akan terjadi jika anda2 semua punya pekerjaan dan tingkat intelektualitas yang sama dengan si penulis. Hihihihihihihihi.
    next, lo g tau gmn caranya upload innterview lo di YouTUBE? Ampuuuuun, buat apa lo punya temen kayak gw? sini kasi ke gw, nt gw minta tolong idwan!!!

    On 3:09 pm, January 12, 2009 Anonymous said...

    hehehe... 2 taun lalu saya sempat ngalamin yang kayak gitu, main corat coret, brat bret aja, buang ke tempat sampah, abis itu bingung .... :D

Blogger Templates by Blog Forum