To Tokyo To Love - Grab it!



Okay, it's official now.
Hari ini novel kedua saya sudah beredar di toko buku, terutama di Gramedia Bookstore.

Novel ini saya tulis di minggu pertama saya pulang ke Jakarta setelah bermukim selama 2 tahun di Jepang dan terutama akibat tinggal di Tokyo selama sebulan. Saking seringnya naik kereta di Tokyo, saya tidak bisa melupakan bau kereta-kereta di Tokyo dan campur aduknya perasaan saya setiap kali naik kereta di kota itu. Pemandangan kota dengan gedung-gedungnya, kebiasaan orang Jepang yang selalu duduk di kereta dengan khidmat, rasa tersenggal-senggal karena mengejar-ngejar jadwal kereta supaya tidak ketinggalan... semua saya serap seperti spons. Dan, begitu saya tiba di Jakarta, kenangan itu, bau itu, begitu memuncak... lalu, lahirlah novel ini.


Proses lahirnya novel ini lumayan panjang dan berliku juga. Awalnya novel ini saya tulis dalam bahasa Inggris. Alasannya semata-mata karena ide-ide yang berhamburan di kepala saya saat itu dalam bahasa Inggris. Ketika draft novel ini jadi, penerbit saya meminta saya menuliskannya dalam bahasa Indonesia, dengan beberapa alasan. Akhirnya, jadilah novel ini berbahasa Indonesia. Sampai sekarang saya masih bermimpi untuk bisa menerbitkan versi bahasa Inggrisnya. Mudah-mudahan nanti ada jalannya. Wish me luck.

Saya juga berhutang terima kasih kepada beberapa orang. Satu orang yang harus saya sebutkan disini saking pentingnya perannya dalam memberi kritik dan kasih sayang (hehehe) adalah Nenek FM. Dia itu lah kelinci percobaan saya. Saya pernah memberinya draft/naskah ini yang belum jadi untuk dinilai. Hasilnya? Dia muntah-muntah...
Eniwei, Nek, thanks for everything. The truth is always motivationally encouraging when it comes from you.
Lalu, ada Barb dan Je yang juga saya jadikan kelinci percobaan. Hasilnya? Gagal total! Mereka menyerah pada bab pertama (si Je malah pada paragraf pertama) dengan alasan klise: sibuk! Halah!
Setelah mereka, saya kapok meminta orang lain untuk jadi kelinci percobaan. Jadi yang saya lakukan adalah memasukkan naskah ini ke penerbit dan kemudian memaksa dua teman saya: Romo dan Raatje untuk membuatkan kesan-kesan singkat tentang saya sebagai pengganti halaman biografi mini. Herannya, tanpa pernah membaca naskah ini sebelumnya, mereka mau aja membuatkan kesan singkat tentang saya?! Ck ck ck...

Well, akhirnya, buat para hadirin yang terhormat, cepat-cepatlah pergi ke toko buku dan membeli novel ini. Lalu, jangan lupa tinggalkan komen tentang novel ini disini. Hehehe... Tiada kesan tanpa kehadiran anda semua. Makasih ya, semua!

Ps: untuk Pak Dhe, ditunggu aja janjiku. Tapi muntah tidak dijamin yak kekekeks...

15 comments:

    i saw your TOKYO thing at Gramedia today. Proud to know such a writer like you :)
    (I challenge you to say good things to me like I just did to you!!!! Hahahhahahahahahahahaha)

    diliat dari mana bok guenya muntah-muntah? ini bahasanya penggemar mas keanu buat kata "ejakulasi dini" kah? secara gue penasaran mulu nunggu2in bab-bab selanjutnya (yak, betul sodara-sodara, si depoy sangat senang ngirim cerita disunat-sunat).

    btw, mak, selamat yaaaaaaa. seneng gue melihat elu bertelur dikit-dikit tapi banyak gitu. hehehehe. kapan lagi gue dapet bahan bacaan segar-segar nan sedap ala elu mak?

    kali ini sodara-sodara sekalian, anda akan melihat mariskova dari sudut yang berbeda! Grab the book! Right now!

    keren bukunya yang to tokyo to love....

    @Je: thanks Je (see, I could say something nice to you hehe)

    @FM: Nek, tulung itu alamat ente diperbaharui yak. N, ya, Nek, muntah-muntah kalo gue, kalo elu yaaa... ejakulasi dini...
    Eniwei, thanks a million ya darling!

    @Kiekie: thanks! Boleh dong minta komennya...

    Selamat ya, Dev! Wah elo emang produktif banget yak!! Ntar kalau ke Ind, bakalan gw beli buku elo!!

    ahhh masuk gramedia batam nya masih lama keiknya nih mbak :) biasalah perjalanan dengan kapal laut yang kudu transit-transit gituh.. hehehe

    keren mbak,,,

    aku suka banget novel mbak yang to tokyo to love.tp yang 1 na juga ce...
    setting jepangnya itu loh mbak, keren....
    terinspirasi darimana mbak karakter takung....
    karakternya keren ce....

    Halo sobat, salam kenal dari frizzy.
    Happy New Year 2009.
    God bless you, may you have better life, better sex and better achievement.
    Mampir-mampir ya sob...

    Cheers, frizzy2008.

    eits...nyaris telat saya! ternyata resminya pas ultah saya ya? *halah*

    nanti kalo ke jkt skalian buku satunya saya bawa buat ditandatangani ya, mbak :d

    selamat! kapan ngajarin saya nulis?

    selamat buat novel keduanya.. masuk waiting list buat dibaca nih..

    met taun baru ya De

    gue dah order by online neh.. in progress..

    belum beli mbak. 60.000 harganya, jadi perlu jadi waiting list dulu hehehe

    Dep, thanks for stopping by. Reply to your comment is on my blog.

    Lama banget gak pernah jalan-jalan kesini, sampai beberapa hari lalu jalan-jalan ke Gramedia dan...WOW...Itu beneran bukumu? Dengan nama MARISKOVA di sampul depan. Ta' pegang, ta' pelototin dan baca bolak-balik bagian cover belakang, masih gak percaya, aiiihhhh...dikau produktif!!! Salut! Sudah buku kedua aja. Sekarang bukunya sudah ada di meja, menunggu untuk dibaca :)

    Selamat ya mbak...Senang rasanya waktu bilang sama sebelahku: Yang nulis ini temenku loh...Hehehehe...

    Temans semua, thanks ya atas komennya. Mudah2an pada suka sama bukunya. Kalo ada komen, input, dan kritik, silahkan loh dicurahkan (ke mariskova.wordpress.com yak).

    Specially for Erma: 60ribu?! Disini cuma 40, say!
    @Merahitam: Hon,tenkyuuuuu ya! Tenkyu for the sms too!

Blogger Templates by Blog Forum