Phobia - Cerita Selanjutnya

Smalem gw lagi chatting sama temen. Tiba-tiba ada bunyi kresek-kresek di sebelah kiri -tempat jendela berada. Iiiiiiiiiiiiiiiyyyyyyyyyyyyy.....................!!!
(tarik napas) Kalo gak inget itu udah lewat tengah malem, gw pasti bertereak, "Aaaaaa!"
Bukan. Bukan hantu. Yang ini lebih nyeremin! Kecoak!
Pas banget. Pas lagi diomongin, dia muncul. Herannya begitu. Entah sugesti, entah kutukan, tiap kali gw merinding dangdut inget sama phobia gw, mereka pasti muncul. Udah gitu, si kecoak tersebut gede pisan! Gak bisa teriak sama Papap karena dia udah molor dengan sukses. Alhasil gw chatting sambil jongkok-jongkok. Siap-siap kabur kalo si kecoak mendekat.
Ya sudahlah kalo begini. Diterusin aja pembahasan phobia gw.
Phobia gw yang kedua, ya sama kecoak itu. Gak tau mulainya dari kapan. Kayaknya sejak kecil gw udah 'benci' sama kecoak. Kesininya keterusan jadi sugesti. Ngeliat kecoak bikin gw merinding-rinding. Ngeliat bekasnya pun -semisal tuh kecoak udah di tewaskan dengan sukses- tetep merinding. Apalagi baunya, tau sendiri deh.
Pengalaman gw yang paling men-trauma-kan tentang kecoak adalah waktu gw SMA. Ada temen gw yang tau kalo gw phobia sama kecoak. Suatu kali dia iseng naro kecoak di punggung gw. Duuuh... rasanya kaki ini langsung lemes. Mo teriak aja gw gak sanggup! Gw cuman bisa megap-megap n ngegelesor di lantai, saking takutnya. Eh, temen gw ini malah ketawa-tawa!? Untung ada yang nolongin gw, sebelom gw pingsan. Diambil lah kecoak itu dari punggung gw. Begitu hilang shock gw, gw kejar temen gw itu trus gw tam---!! Pokoke, I made sure he was sorry. He would think twice to mess with me again! Grrrhhhh.....
Nyokap gw sering nyap-nyap kalo gw mulai histeris ngeliat kecoak. Katanya, "Diinjek juga mati, kok!"
Iiyaaakkk....... Nginjek? Ngeliat aja udah mo pingsan, ini pake nginjek yang notabene kudu bersentuhan dengan si kecoak!? Gak la yaw!
Tapi waktu hamilnya Hikari, nyokap sering ngingetin. Katanya sugesti gw bisa bikin anak gw penakut juga. Akhirnya dengan memberanikan diri, tiap kali, sekarang ini, terutama kalo ada Hikari, gw suka jaim di depan kecoak.... (pasrah) Demi anak....
Hikari: Mama, ada kecoak!
Mami: (pucat pasi) Oh, iya. (nadanya dibuat riang) Diusir aja, Nak.
Hikari: Kecoak kan baik yaaa... (ini sugestinya dia kalo takut sama sesuatu)
Mami: Iya, baik. Tapi kotor, jadi kita usir aja ya. (sambil senyum palsu. Trus cepet-cepet ke toilet buat muntah!)

Phobia gw yang berikutnya adalah phobia ulat bulu. Ini juga dari kecil kayaknya, karena as long as I can remember, gw selalu takut sama ulat bulu. Kalo ini, gw pikir mungkin karena di rumah gw sering kejadian seisi rumah gatal-gatal kena ulat bulu. Maklum, rumah gw, eh salah, rumah ortu gw, dikelilingi pepohonan gede-gede. Seisi komplek juga masih rindang sama pohon-pohon gede. Jadi, bukan cuma kita sekeluarga aja sih yang sering jadi korban ulat bulu, keluarga lain juga. Masih mending kalo ketauan itu ulat habis dari mana, misal habis nemplok di baju ato di jemuran yang mana gitu, jadi kita bisa cuci lagi. Nah, ini biasanya ulatnya udah gak ada. Tiba-tiba aja, bokap ato nyokap ato gw ato adek gw ato sapa pun lah, gatal-gatal sekujur badan. Nah, biasanya kalo gw yang kena, akibatnya bisa panjang karena gw alergian. Sial lagi lah. Pernah waktu jaman gw SMP, sekitar tahun 80-an akhir, satu komplek kena hama ulat bulu, jadi pohon-pohon di komplek gw gundul semua! Kebayang kan gatelnya kayak apa jaman itu?!
Pengalaman menyedihkan gw dengan ulat bulu itu sekitar 2 tahun lalu, waktu Hikari masih bayi. Kamar gw kebetulan paling depan. Jendelanya pun menghadap teras yang ditanami pohon jambu air, mangga, belimbing, dan pohon-pohon yang lain. Gw punya kebiasaan naro semua buku-buku ngajar gw di tas tote kain (gak ada kancingnya). Habis ngajar, pulang ke rumah, tas beserta buku-bukunya itu gw geletakin aja di lantai. Sampai beberapa hari gak gw tengok karena weekend. Malam Senin, karena gw kudu ngajar Seninnya, baru lah gw bongkar isi tas itu. Gw bolak-balik buku-bukunya, nyatet ini nyatet itu, ngasih nilai PR murid, dll dsb. Setelah selesai, gw balikin lagi semua buku ke tas, buat dibawa lagi besokannya. Si Papap n bayi Hikari udah molor tuh. Eh, gak lama setelah gw ngeberesin buku, badan gw tiba-tiba berasa panas. Kayak demam kebakar gitu. Trus, gatelllll buanget! Pas gw liat di kaca, YA AMPUN, sekujur badan gw bentol n merah! Huaaaahhhhhhhhhh!!! Panik banget gw! Bukan cuma mikirin gatel di badan, tapi gw kepikir si Hikari. Gw pikir, tadinya, si ulat itu ada somewhere di kamar! Papap langsung ngungsiin Hikari ke kamar ortu gw. Semua sudut kamar di-cek. Seprai, tirai, diganti. Gak ketemu juga! Papap nyuruh gw mikir-mikir lagi, tadi gw abis ngapain sebelom gatel-gatel. Dengan gemeter, gw keluarin buku-buku dari tas tote itu lagi. Gak ada juga di buku-buku! Wah, dimana neeh?! Tambah gemeter gw buka tas totenya pelan-pelan. AAAAaaaaaaaaaaaaakkksss!!!! Itu ulat bulu bersarang -beneran bersarang hampir jadi kepompong- di dalam tas gw itu!!! Refleks, gw lempar itu tas! 3 hari gw tewas di rumah gara-gara badan gw terserang bentol n panas. Nangis kejer lah waktu itu. Tas oleh-oleh temen dari Switzerland itu pun gw buang! Buku-bukunya? Karena gak bisa gw buang (gile, mahal itu, import pula!), seminggu lebih di jemur di bawah sinar matahari. PR murid? Maap aja deh, gak bisa ane kembaliin. Tiap kali liat buku-buku itu, gw pasti berasa gatel-gatel lagi. Sugesti. Tapi memang, sampai terakhir, gw masih kena bentol sedikit kalo terpaksa harus make buku-buku itu. Yah, itulah, trauma gw gak ilang-ilang, malah kejadian terus. Apa itu namanya? Bukan Insectophobia (Fear of insect) lagi rasanya. Kutukan kali! :(
Gimana solusinya ya?

Gw coba ngebrowse di Wikipedia, eh malah nemu fear-fear gw yang laen. Wah, susah lah ini! Hehehehe.... Fear-fear yang laen, masuk ke posting berikutnya aja lah...

0 comments:

Blogger Templates by Blog Forum