Mungkin, hanya ada di Jepang

Tetangga saya pernah bersabda dalam blognya mengenai Borg.
Katanya,

Lihat pula para "salary man" itu, ber-jas gelap, celana gelap, berbaju putih dan berdasi gelap persis kayak Man in Black yang kehilangan cengdem (kacamata hitam) ... seragam. -ndobos-
Sekarang ini saya ingin menuliskan tentang kesan saya selama hampir dua tahun mengamati bumi sebelah sini...
1) Setuju dengan tetangga saya itu, para karyawan sini, terutama yang laki-laki, selalu berstelan jas gelap bila ke kantor. Kalau gak biru gelap, ya, hitam gelap :D. Walopun warna hijau dan coklat juga ada yang gelap, rasanya saya belum pernah liat ada yang pakai warna-warna itu. Kadang ada juga yang pakai warna abu-abu, tapi mungkin 1 banding 100. Yang pakai kaos ke kantor... 1 banding 1 juta?
2) Cewek berkaos/baju merah jarang terlihat, kecuali saya. Para perempuan itu biasanya memakai baju berwarna beige. Yang lembut-lembut lah. *emang bukan gue banget*
3) Dyed hair is more popular! Natural black hair kelaut aje...
4) 90% rambut para perempuannya panjang dan biasanya ditata keriting besar-besar ala Barbie. *jelas, bukan gue* Feminin lebih disukai dari pada ngoboi berangasan. *sigh*
5) 50% rambut para lelaki dipotong jabrik.
6) Laki-laki dan perempuan menghabiskan setengah isi penguat rambut setiap harinya :D:D . Angin topan sekalipun tidak akan mampu meniupkan satu helai rambut mereka.
7) Alis laki-laki dan perempuan dicukur dan dibentuk.
8) Mereka memakai tote bag, gak perduli jender.
9) Perempuan hobi pakai sepatu hak tinggi, gak perduli lokasi.
10) Badan kurus berhias tulang lebih dicintai, gak perduli jender. Dengan pengecualian, buat cewek walopun kurus 'perabotan' harus tetap seksih. Susah kan?
11) Kalau ditempat umum -terutama angkutan umum- gak boleh berisik. HP kudu dimatiin or dimampuskan suaranya. Ini berlaku untuk anak kecil juga. *kebayangkan stressnya emak-babe*
12) Duduk di angkutan umum harus rapi rapet. Kaki gak boleh ditumpangkan atau dibuka lebar-lebar (cowok nih!), kalo gak pengen dikasih nasty look sama sekitar.
13) Kalau ada tiga kursi berderet, orang sini akan duduk diujung-ujungnya. Tengah-tengah kosong. Kalau gak capek banget, orang berikutnya memilih berdiri daripada duduk ditengah-tengah :D.
14) Jalan jauh muter-muter kebun binatang, liat hanabi di lapangan rumput, nonton baseball di lapangan bulet, tetep pake rok mini, baju pesta, dan sepatu tumit tinggi.
15) Buang barang bekas kudu bayar...

Apalagi ya? Hayo-hayo teman-teman di kota tetangga, silahkan ditambahkan...

13 comments:

    kalo pengamen, penjambret, copet, kapak merah (mungkin), berdasi juga ga disana?.. :D:D..

    haha...bener banget. tp sebenernya bukan 'mungkin, hanya ada di Jepang', tapi lebih ke 'mungkin hanya orang Jepang'. Dulu gue punya roommate orang Jepang yg biar pas winter di luar sedingin apa pun dan salju setebal apa pun, dia ga pernah pake boot. yg dipake selalu selop hak tinggi yg ujungnya kebuka. blum lagi hairspray yg dipake setiap pagi. kayanya dia responsible for minimal seperdelapan luas lubang ozone yang terjadi, deh. hehe...

    temen (cewek) jepang gue bilang, perempuan2 jepang nggak doyan laki2 jepang. dia nggak nyebutin penyebabnya, pengen bikin gue penasaran.

    ayo dong dev, kasihtau kenapa.

    kalo nanyain umur ke cewek boleh ngga mbak ?

    mba...fotonya nana keren sapa dulu !! provokatornya..kalo nga diseret seret ke potoh studio ngak potoh dia hehehe. hatooo malo mba ke jakarta mo dahlia seret juga ke studio potoh andalan wakakakakak salam buat orang jepang yang nga peli ya mba...disini gilingan jepang apa turunan padang peliiitttt plus koret huahahahahaha

    iya ya, kenapa cw Jepang ga begitu suka cowo Jepang? penasaran nih, sama kek Fitri :D

    Mo nambahin ya mbak,
    1. kalo ketemu sama temen kata kata pertama membahas cuaca, ii tenki desu ne, atsui desu ne bla bla soal tenki
    2.Jangan pernah bilang punya baju yg sama ato apalah yg sama, orang jepang paling bete dibilang samaan idiihh kayak yg punya pabrika azaa..
    3. Paling demen basa basi yg udah basi, misalkan gw dibilang tidak gendut padahal aseli gendut dah gitu gw dibilang keliatan muda padahal temen gw itu anak tiga jauh lebih muda dari gw uuhhh jengkel*
    4. Paling nggak doyan ditanyain umur, nggak sopan gito lohh apalagi nanya ke cew/ibu ibu...
    5. Paling pengen keliatan muda terutama para oma oma, demennya rambut sama dengan baju bisa ungu bisa ijo udah gitu wajah kalo bisa licin seperti baju disetrika hahaha

    High heel.. Wajib!! Kalo ngga pake ngga pede..

    Mo buang barang bekas?/ Di sini ajah.. pemulung udah pd ngantri.. *Lha aku bosnya pemulung :P*

    nambah-nambah:
    1. ngantri mau masuk kereta, tertib. kereta berhenti antrian maju selangkah, tertib. begitu pintu kereta dibuka, nyikut....
    2. jarang yang mandi pagi. rambut kelimis, baju rapih ... belek ketinggalan.
    3. bawa surat keterangan dari stasiun kalo kereta terlambat.
    4. nggak bisa ngomong dengan singkat, mesti pake latar belakang.
    5. selalu bingung kenapa ada orang nggak minum bir.
    6. he he he udah ah...

    Nambahin satu aja, orang jepang gak bisa ngomong L, berarti di sana gak ada LAKI-LAKI adanya PEREMPUAN iya toh?

    Mbak, bener ga seh sekarang anak muda Jepang doyannya pake baju garis-garis ... hehehe ... ga peduli cewe ato cowo kabarnya. Jadi penasaran. Ato itu hanya trend di satu kota aja ya? ;)

    mbak, dulu mantan bos saya (beliau org jp) pernah bilang kalo cewek pake baju merah itu kupu2 malam. mungkin itu sebabnya gak ada cewek jepang yg pake baju merah. no offense lho yaaaaa ..

    Suka takjub gak liat cewek2 SMA Jepun gaya dandannya kyk artis2 di tipi? Ga tau cuma abis pulang sekolah atau udah dr pagi tcck..tcck...jaman aye SMA palingan cm bedakan pake bedak bayi...

Blogger Templates by Blog Forum